Sunday, 25 July 2021
4 Tips Meningkatkan Penjualan Saat Gelaran Harbolnas 2020

Memasuki tahun kesembilan penyelenggaraannya, Harbolnas 2020 diikuti oleh semakin banyak e-commerce yang menawarkan beragam promo menarik. Tidak heran, transaksinya juga terus meningkat. 

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat bagi banyak orang. Pandemi corona yang berlangsung sejak bulan Maret kemarin telah menghambat pertumbuhan ekonomi dan menghantam berbagai sektor bisnis. Meski begitu, di akhir tahun ini ada gelaran Harbolnas 2020 yang bisa sedikit memulihkan penjualan bagi beragam bisnis online.

Pasalnya, Harbolnas merupakan festival belanja online terbesar dengan aneka promo menarik dari beragam e-commerce. Peningkatan penjualan online diperkirakan akan mencapai puncaknya pada ajang Harbolnas 2020. Bukan tanpa alasan, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi tingginya minat masyarakat dalam berbelanja di Harbolnas 2020:

  • Adanya kemungkinan besar konsumen berhemat sepanjang tahun demi berbelanja ketika Harbolnas.
  • Masa pandemi membatasi penjualan offline untuk mengurangi interaksi langsung.
  • Kemudahan, keamanan, dan kenyamanan berbelanja online sudah tidak diragukan lagi.
  • Adanya PSBB meningkatkan waktu luang untuk stand by mencari diskon saat Harbolnas.

Perlu Sobat Bintang ketahui, mengikuti ajang Harbolnas bukan semata-mata agar dapat memberikan diskon besar kepada konsumen. Namun, ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness milik Sobat Bintang.


Nah, untuk meningkatkan penjualan selama momen Harbolnas, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Siapkan Stok Produk

Untuk mempersiapkan momen Harbolnas 2020, Sobat Bintang harus memulainya menyiapkan stok produk yang ingin didiskon. Sobat Bintang dapat memberikan diskon pada produk-produk tertentu, contohnya produk yang menjadi best seller, produk yang ingin dijual secara bundling, ataupun produk yang kurang laku sehingga dapat terjual lebih banyak.

Kemudian, Sobat Bintang juga menetapkan target atau estimasi berapa produk yang akan terjual selama Harbolnas 2020. Pasalnya, Harbolnas merupakan momen paling tepat untuk menjual produk atau layanan sebanyak-banyaknya.

Persiapan ini sangat penting karena Harbolnas merupakan momen tepat untuk mendistribusikan produk maupun layanan bisnis ke banyak orang sekaligus. Walaupun kemungkinan besar rasio keuntungan per item yang dijual tidak sebesar dari penjualan normal. Meski begitu, jangan khawatir, Sobat Bintang tetap dapat meraih rasio keuntungan yang besar dari banyaknya item yang terjual.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Cermat Saat Harbolnas 2020

2. Manfaatkan Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri, kekuatan media sosial saat ini sangatlah penting, terutama untuk mempromosikan produk. Menjelang promo Harbolnas 2020, media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bagi produk-produk yang Sobat Bintang jual.

Meski begitu, agar promosi lebih efektif, Sobat Bintang mengunggah konten di waktu prime time. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan teknik beriklan melalui Instagram Ads atau Facebook Ads untuk memaksimalkan promo Harbolnas ketika berlangsung.


3. Berikan Bonus-Bonus Kecil

Semua orang sudah pasti suka hadiah atau bonus. Oleh karena itu, selama program Harbolnas ini berlangsung, ada baiknya jika Sobat Bintang juga memberikan bonus-bonus kecil untuk pembeli, seperti tumbler, tote bag, ataupun mug.

Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan syarat minimal pembelian untuk mendapatkan bonus, tapi pastikan bonus yang Sobat Bintang tawarkan juga berguna untuk para pelanggan ya.

4. Pajang Testimoni dari Pelanggan

Terakhir, Sobat Bintang bisa menampilkan testimoni dari pelanggan di website. Hal ini efektif untuk menghilangkan keraguan dari para calon pembeli. Sampai saat ini, masih banyak calon pembeli yang enggan berbelanja online karena takut kualitas produk atau layanan yang buruk.

Dengan menampilkan testimoni dari para pelanggan lainnya, calon pembeli akan lebih percaya pada website jualan milik Sobat Bintang.


Sebagai informasi, jumlah transaksi dalam ajang Harbolnas selalu meningkat setiap tahunnya. Buktinya, pada Harbolnas 2019, jumlah transaksi mencapai 9,1 Triliun Rupiah (berdasarkan data result dari Nielsen). Hasil ini lebih tinggi 8,4% dibandingkan tahun sebelumnya (2018) dan melampaui prediksi dari Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdEA) yang targetnya sebesar 8 Triliun Rupiah.

Baca Juga: Harbolnas 2020, Pesta Diskon Belanja Akhir Tahun

Selain itu, e-commerce yang berpartisipasi terus meningkat dan semakin beraneka ragam dalam ajang Harbolnas 2020, salah satunya adalah Onlineprint.co.id. Platform print-commerce dari PT Bintang Sempurna ini menawarkan diskon-diskon yang menarik selama Harbolnas 2020.

Ada 4 kategori produk di Onlineprint.co.id yang didiskon selama gelaran Harbolnas yakni Print Kain/Tekstil, Photobook Premium, Merchandise/Souvenir, dan Lenticular. Adapun, diskon yang akan hadir di Onlineprint.co.id berkisar dari 20% hingga 55%. Nah, selamat berbelanja!