Wednesday, 22 September 2021
Annual Report, Dokumen Cetak Buat Laporan Tahunan Perusahaan

Annual Report umumnya berupa laporan keuangan formal sebagai bukti kredibiltas perusahaan. Pembuatan laporan semacam ini biasanya berlangsung setiap tahun. 

Annual report menjadi bentuk publikasi formal bagi perusahaan, terutama yang berbentu Perseroan Terbatas (PT) selama satu tahun. Dokumen yang berbentuk laporan keuangan perusahaan ini biasanya dibagikan kepada shareholder seperti para pemegang saham, bursa saham, maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak-pihak berkepentingan lainnya.

Berdasarkan peraturan OJK tentang penyampaian laporan keuangan yang dimuat pada nomor 29 tahun 2016 tentang laporan tahunan emiten atau perusahaan publik. Annual report perusahaan wajib disampaikan paling lambat pada akhir bulan keempat setelah tahun buku berakhir.

Laporan keuangan tahunan biasanya disampaikan kepada pihak OJK, para pemegang saham, para investor, serta stakeholders lainnya di tanggal yang sama. Annual report harus memberikan informasi yang relevan kepada para investor dan pemegang saham.

Jenis laporan yang satu ini dapat membantu kelancaran bisnis yang dijalankan perusahaan. Umumnya, annual report ini dilampirkan secara berdampingan dengan sustainability report atau laporan keberlanjutan.

Baca Juga: Lenticular Printing, Metode Cetak dengan Grafis Unik 


Persyaratan Ketika Ingin Menyusun Annual Report

Dalam menyusun annual report yang baik, ada beberapa poin penting yang harus Sobat Bintang perhatikan, yaitu:

  • Laporan dibuat untuk memberikan informasi pada publik mengenai capaian perusahaan.
  • Laporan tahunan ditujukan buat calon investor, analis keuangan, para pemegang saham, karyawan, pemerintah, serta media massa.
  • Menyimpulkan poin-poin penting untuk disampaikan ke publik.
  • Membuat ulasan yang disertai grafik, foto, serta desain yang lengkap, dan menarik.
  • Mengelompokkan laporan keuangan berdasarkan beberapa bagian seperti ringkasan keuangan, operasi perusahaan, surat kepada investor, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, hingga informasi tentang karyawan dan direksi perusahaan.
  • Menyertakan komentar pimpinan perusahaan dengan tujuan menunjukan bahwa manajemen mempunyai komitmen dalam memenuhi visi dan misi perusahaan.


Tahapan dalam Membuat Annual Report

Sebagai informasi, semua perusahaan yang terdaftar di pasar saham Indonesia punya kewajiban untuk membuat annual report setiap tahunnya. Hanya saja, tidak banyak perusahaan yang tahu tahapan pembuatan annual report secara benar. Nah, berikut ini adalah beberapa tahapan dalam membuat annual report:

1. Tahapan Brainstorming

Kebanyakan annual report mempunyai satu tema besar yang mewakili pesan dari perusahaan tersebut. Dalam menentukan tema yang menarik dan tepat sasaran, sudah pasti membutuhkan proses brainstorming atau pertukaran ide.

2. Tahapan Pengembangan Desain

Sesudah menyelesaikan proses brainstorming, tahapan pembuatan annual report berikutnya yakni pengembangan desain. Pada awalnya, desainer akan memberikan alternatif desain yang kemudian akan dipilih oleh perusahaan. Desainer akan terus membuat revisi desain hingga menjadi yang paling sesuai bagi perusahaan.

3. Tahapan Pengaturan Tampilan dan Typesetting

Jika desain sudah disetujui, maka desainer akan melanjutkan ke tahapan pengaturan tampilan dan typesetting. Dalam tahapan ini, karakteristik perusahaan akan direfleksikan lewat elemen-elemen penting seperti bentuk huruf, tampilan data berupa angka dan gambar, tabel, maupun infografis.

4. Tahapan Copywriting dan Penerjemahan

Tidak hanya tentang desain, membuat annual report berarti juga harus memperhatikan penulisan. Copywriting sendiri merupakan seni untuk membuat laporan dan data menjadi sebuah bentuk tulisan menarik serta mudah dipahami.

5. Tahapan Proof Reading

Tahapan pembuatan annual report selanjutnya berlanjut ke perihal proof reading. Pemeriksaan terhadap isi konten dari annual report ini umumnya dilakukan beberapa pihak dan juga melibatkan pihak perusahaan agar tidak terjadi kekeliruan informasi sebelum naik cetak.

6. Tahapan Produksi Pra-Cetak

Sebelum benar-benar naik cetak, harus dipastikan pula desain warna, ukuran, serta jumlah yang ingin dicetak oleh perusahaan. Pada umumnya, yang dicetak awalnya adalah dummy (hasil cetak) hingga sudah dianggap sesuai dan layak dicetak dalam skala besar sesuai kebutuhan.

7. Tahapan Pencetakan Annual Report

Bila sudah tidak ada lagi revisi dari segi desain maupun penulisan, maka akan masuk ke dalam proses pencetakan. Adapun, proses cetak annual report ini membutuhkan waktu yang lumayan panjang karena dibuat dalam skala besar. Oleh karena itu, pemesanan annual report ini tidak dapat dibuat secara mendadak.

Meski begitu, dapat juga disiasati dengan mencetak jumlah dalam moda print digital (on demand). Kemudian sisanya dibuat kuantitas besar yang dicetak menggunakan teknologi offset printing.

8. Tahapan Quality Control

Setelah proses cetak usai, tahapan selanjutnya adalah melakukan quality control atau penjaminan mutu cetak. Setiap hasil cetak harus dipastikan sesuai dengan kualitas dummy/print proof yang sudah sesuai kesepakatan.

9. Tahapan Pendistribusian Annual Report

Sesudah semua tahapan tersebut, berikutnya harus melakukan proses pendistribusian annual report kepada pihak-pihak yang ingin diberikan oleh perusahaan.

Tujuan Pembuatan Annual Report

Adapun pembuatan annual report untuk perusahaan ini memiliki beberapa tujuan, yakni:

1. Memberikan Informasi Keuangan

Laporan tahunan biasanya memberikan informasi tentang tahun fiskal perusahaan. Informasi keuangan yang disediakan dalam laporan tahunan membantu menentukan status bisnis saat ini, bagaimana perusahaan mendanai operasi dan pertumbuhan, dan seberapa baik perusahaan ditempatkan dalam menghasilkan uang bagi para investor-nya.

Nantinya, informasi keuangan dari annual report perusahaan akan membantu pembaca untuk menentukan apa yang dimiliki perusahaan, bagaimana perusahaan mendanai operasional dan pertumbuhan, serta seberapa baik perusahaan dalam menghasilkan uang bagi investor.

2. Memaparkan Pencapaian Perusahaan

Tujuan pembuatan annual report selanjutnya adalah merangkum pencapaian perusahaan selama satu tahun terakhir. Selain pencapaian keuangan, prestasi perusahaan lainnya juga harus ikut tercatat.

Contohnya ialah kemajuan penelitian, keuntungan pangsa pasar atau penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atau karyawan. Bagian dari pencapaian perusahaan ini juga disertai informasi tentang hal-hal seperti peningkatan penjualan atau pengadaan mesin baru yang menunjang profitabilitas dan produktivitas perusahaan.

Tujuannya untuk membuat shareholders dan investor merasa senang dengan partisipasi mereka di perusahaan Sobat Bintang.

3. Mempromosikan Perusahaan Sobat Bintang

Terakhir, pembuatan annual report untuk perusahaan juga punya tujuan sebagai alat pemasaran yang cukup efektif. Penggunaan tema tertentu, seperti tonggak sejarah atau fokus pada peningkatan kehidupan teknologi, dan lain sebagainya.

Memasukkan kisah-kisah positif dari karyawan dan pelanggan atau momen-momen penting dalam sejarah perusahaan Sobat Bintang yang diselingi sepanjang laporan dapat meningkatkan jumlah pembaca laporan dan menarik bagi investor baru. Desain dan tata letak teknik yang modern merupakan pertimbangan penting ketika menggunakan annual report perusahaan sebagai alat pemasaran.


Layanan Pembuatan Annual Report di PT Bintang Sempurna

Untuk membuat annual report terbaik, Sobat Bintang, dapat mengkonsultasikannya kepada PT Bintang Sempurna. Perusahaan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 1989 ini berlokasi di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia.

Dalam mencetak annual report, ada beberapa jenis kertas yang bisa dipergunakan, namun disarankan memakai commercial paper seperti art paper, matte paper, ataupun HVS. Sedangkan untuk material cover, terdapat beberapa pilihan seperti art carton maupun art paper dengan opsi laminasi doft maupun gloss 1 sisi.

Sebagai informasi, annual report umumnya berukuran A4 dan dapat dijilid soft cover maupun hard cover. Adapun, karena dicetak dalam skala besar, annual report dibuat dalam metode offset printing.

Baca Juga: Jenis Kertas dan Kesesuaian Moda Cetak

Dalam menangani pencetakan annual report dengan metode offset printing, PT Bintang Sempurna menggunakan mesin Komori H-UV GL37. Perlu diketahu, mesin Komori H-UV GL37 bisa mencetak (tinta CYMK) hingga 16.000 halaman A1+ per jam (area print = 62 x 93 cm).

Sebagai informasi, mesin offset Komori H-UV GL37 ini juga punya lampu UV yang berfungsi mengeringkan tinta dan mampu menggunakan tinta UV maupun konvensional sehingga dapat digunakan untuk media kertas ataupun media sintetis. Mesin Komori H-UV GL37 ini bisa mencetak ukuran kertas A1/A2 dalam kuantitas besar. 

Selain itu, PT Bintang Sempurna juga memiliki mesin Heidelberg SM52-4. Mesin ini diketahui punya kecepatan cetak 4 warna hingga 15.000 lembar per jam (maksimal ukuran lembaran – 52 x 37 cm/ maksimal ukuran print = 52 x 36 cm). Sebagai informasi, mesin Heidelberg SM52-4 yang punya 4 ink stations ini bisa menampung tinta konvensional dan punya sistem pengeringan tinta tersendiri.

Nah, jika Sobat Bintang tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat, bisa juga memesannya lewat Onlineprint.co.id. Selamat mencoba ya!