Sunday, 8 September 2024
Buat Loyalty Card, Jaring Kebutuhan Pelanggan Lebih Luas!

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan demi mempertahankan konsumen bisnis Anda dan menjaring konsumen baru, salah satunya dengan loyalty program. Dengan loyalty program, konsumen akan mendapatkan penawaran yang lebih menarik dibanding yang tidak. Konsumen yang terdaftar di loyalty program bisa mendapatkan poin, cashback, diskon dan berbagai keuntungan lainnya.

 

Bagi konsumen, tawaran yang diberikan melalui loyalty program pasti sangat menguntungkan. Apalagi loyalty program biasanya persyaratannya sangat gampang, umumnya hanya perlu mengisi data diri saja. Setelah itu konsumen akan mendapatkan loyalty card sebagai bukti telah terdaftar. Karena mudah dan murah, seseorang biasanya punya beberapa loyalty card sekaligus sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga: Kartu Member: Solusi Efektif Pengikat Pelanggan

 

Nah, tahukah Anda apa itu loyalty program dan apa untungnya punya loyalty card?

 

Apa Itu Loyalty Program?

 

Loyalty program adalah sebuah program yang didesain perusahaan kepada pelanggan untuk menjaga mereka agar tetap menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan. Dengan loyalty program satu usaha brand atau perusahaan ingin menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen mereka, sehingga bisa mempertahankan bisnisnya.

 

Melalui loyalty program, brand dan perusahaan mencoba mempertahankan agar pelanggan tetap setia melakukan transaksi dengan mereka, sekaligus bisa dijadikan cara untuk menjaring konsumen baru.

 

Anda pasti pernah menemukan contoh loyalty program, misalnya membership, cashback, poin, diskon, hingga beli 1 gratis 1 dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Secara tidak langsung program-program semacam ini menjaga konsumen lama tetap setia dan menjaring konsumen baru.

 

Sebagai tanda bahwa konsumen telah tergabung dalam loyalty program, biasanya diberikan kartu keanggotaan atau loyalty card. Dulu bentuk kartu yang sering disebut member card ini hanya berupa fisik, kalau sekarang sudah ada kartu virtual berupa barcode. Dengan memiliki kartu ini, ada banyak keuntungan yang akan dinikmati pemilik kartu.

 

Keuntungan Punya Loyalty Card

 

Memiliki loyalty card bisa sangat menguntungkan bagi konsumen kalau mereka sering menggunakan layanan di perusahaan atau toko tertentu. Misalnya menjadi member di minimarket tertentu, maka tiap kali belanja bisa dapat poin dan banyak keuntungan dari program lainnya. Biasanya program promo diadakan rutin, jadi bisa dinikmati member cukup sering.

 

Atau jadi member di apotek tertentu, setiap kali berbelanja ada potongan harga khusus pemegang kartu member yang meskipun tidak seberapa, tapi kalau sering dipakai maka menguntungkan juga. Beli obat-obatan jadi lebih hemat.

 

Lalu bagi pemilik usaha, menerbitkan loyalty card juga banyak keuntungannya. Misalnya saja:

 

·         Menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Terutama karena pelanggan merasa lebih dispesialkan.

·         Membuat bisnis lebih berbeda dibanding kompetitor.

·         Menciptakan customer advocacy, yakni konsumen yang bakal merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang terdekatnya.

 

Apa Saja Program Loyalty?

 

Ada banyak program loyalty yang sering diselenggarakan merek, perusahaan atau toko. Di antaranya adalah:

 

1. Poin

 

Pada umumnya, pemilik loyalty card akan mendapatkan poin begitu mereka melakukan transaksi, sedangkan yang bukan pemegang loyalty card tidak dapat poin sama sekali. Poin yang didapat mungkin tidak langsung besar, tapi kalau dikumpulkan akhirnya jadi besar juga dan bisa dimanfaatkan untuk membeli produk atau ditukar dengan hadiah, yang bisa berupa produk juga atau voucher.

 

2. Cashback

 

Program berikutnya yang sering diselenggarakan adalah cashback. Program ini disukai banyak konsumen karena mereka akan mendapat semacam uang kembalian dari belanja. Uang ini pada umumnya berupa uang virtual yang tidak bisa ditarik tunai, tapi bisa dipakai untuk belanja kembali. Yang pasti menguntungkan karena cashback bisa digunakan saat belanja lagi.

 

3. Diskon Spesial

 

Pemilik loyalty card pada umumnya akan mendapatkan keuntungan program potongan harga yang tidak bisa didapat oleh yang bukan member. Tentu saja program spesial ini sangat menguntungkan karena nominal yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan belanja sebagai non member.

 

 

4. Promo Khusus Member

 

Bukan hanya diskon, sering kali juga diadakan program promosi yang hanya ditujukan untuk member. Misalnya Buy 1 Get 1, Program Referral yang mengajak orang lain untuk menjadi member, dan masih banyak lagi sesuai ketentuan member card. Tanpa memiliki loyalty card, meskipun sering berbelanja di toko tersebut, tetap tidak bisa menikmati promo tersebut.

 

Nah buat Anda yang mau buat loyalty card, bisa pesan di percetakan Bintang Sempurna. Dipastikan terjamin kualitasnya dan kamu bahkan juga bisa gabung dengan loyalty program Bintang Sempurna dan dapatkan juga berbagai promo menarik untuk segala kebutuhan cetak di Bintang Sempurna dengan menjadi member Sobat Bintang.

 

Caranya gampang banget. Anda cukup download saja aplikasi Sobat Bintang dari smartphone kesayangan Anda dan nikmati berbagai promo menarik mulai dari gratis ongkir sampai Fast Service bebas antri. 

 

Mau cetak apa saja bisa di Bintang Sempurna. Anda bisa:

·         Bermain dengan warna tinta spesial layaknya pakai warna Fluorescent sampai Invisible yang memungkinkan Anda bermain dengan berbagai warna sesuai kebutuhan.

·         Cetak dengan berbagai material, dari material kertas Fancy sampai media kaku seperti kayu, ACP, akrilik dan masih banyak lainnya. 

 

Jangan ragu konsultasikan kebutuhan cetak Anda dengan Bintang Sempurna atau langsung miliki loyalty card dengan daftar sekarang juga!

 

Sobat Bintang App

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.loyal.bintangsempurna