Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan demi
mempertahankan konsumen bisnis Anda dan menjaring konsumen baru, salah satunya
dengan loyalty program. Dengan loyalty program, konsumen akan mendapatkan
penawaran yang lebih menarik dibanding yang tidak. Konsumen yang terdaftar di
loyalty program bisa mendapatkan poin, cashback, diskon dan berbagai keuntungan
lainnya.
Bagi konsumen, tawaran yang diberikan melalui loyalty
program pasti sangat menguntungkan. Apalagi loyalty program biasanya
persyaratannya sangat gampang, umumnya hanya perlu mengisi data diri saja.
Setelah itu konsumen akan mendapatkan loyalty card sebagai bukti telah
terdaftar. Karena mudah dan murah, seseorang biasanya punya beberapa loyalty
card sekaligus sesuai dengan kebutuhan.
Baca Juga: Kartu Member: Solusi Efektif Pengikat Pelanggan
Nah, tahukah Anda apa itu loyalty program dan apa
untungnya punya loyalty card?
Loyalty program adalah sebuah
program yang didesain perusahaan
kepada pelanggan untuk menjaga mereka agar
tetap
menggunakan layanan atau produk
yang ditawarkan. Dengan loyalty
program satu usaha brand atau perusahaan ingin menjalin hubungan jangka
panjang dengan konsumen mereka, sehingga bisa mempertahankan bisnisnya.
Melalui loyalty program, brand dan
perusahaan mencoba mempertahankan agar pelanggan tetap setia melakukan transaksi dengan
mereka, sekaligus bisa dijadikan cara untuk menjaring konsumen baru.
Anda pasti pernah menemukan contoh loyalty program,
misalnya membership, cashback, poin, diskon, hingga beli 1 gratis
1 dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan
perusahaan. Secara tidak langsung program-program semacam ini menjaga konsumen
lama tetap setia dan menjaring konsumen baru.
Sebagai
tanda bahwa konsumen telah tergabung dalam loyalty program, biasanya diberikan kartu
keanggotaan atau loyalty card.
Dulu bentuk kartu yang sering disebut
member card ini hanya berupa fisik, kalau sekarang sudah
ada kartu virtual berupa barcode. Dengan memiliki kartu ini, ada banyak
keuntungan yang akan dinikmati pemilik kartu.
Memiliki
loyalty card bisa sangat menguntungkan bagi konsumen kalau mereka sering
menggunakan layanan di perusahaan atau toko tertentu. Misalnya menjadi member
di minimarket tertentu, maka tiap kali belanja bisa dapat poin dan banyak
keuntungan dari program lainnya. Biasanya program promo diadakan rutin, jadi
bisa dinikmati member cukup sering.
Atau
jadi member di apotek tertentu, setiap kali berbelanja ada potongan harga
khusus pemegang kartu member yang meskipun
tidak seberapa, tapi kalau sering dipakai maka menguntungkan juga. Beli
obat-obatan jadi lebih hemat.
Lalu bagi pemilik usaha, menerbitkan loyalty card juga
banyak keuntungannya. Misalnya saja:
·
Menciptakan hubungan
yang lebih kuat dengan pelanggan. Terutama karena pelanggan merasa lebih
dispesialkan.
·
Membuat bisnis lebih
berbeda dibanding kompetitor.
·
Menciptakan customer
advocacy, yakni konsumen yang bakal merekomendasikan produk atau layanan Anda
kepada orang terdekatnya.
Ada
banyak program loyalty yang sering diselenggarakan merek, perusahaan atau toko.
Di antaranya adalah:
Pada
umumnya, pemilik loyalty card akan mendapatkan poin begitu mereka melakukan
transaksi, sedangkan yang bukan pemegang loyalty card tidak dapat poin sama
sekali. Poin yang didapat mungkin tidak langsung besar, tapi kalau dikumpulkan
akhirnya jadi besar juga dan bisa dimanfaatkan untuk membeli produk atau
ditukar dengan hadiah, yang bisa berupa produk juga atau voucher.
Program
berikutnya yang sering diselenggarakan adalah cashback. Program ini disukai
banyak konsumen karena mereka akan mendapat semacam uang kembalian dari
belanja. Uang ini pada umumnya berupa uang virtual yang tidak bisa ditarik
tunai, tapi bisa dipakai untuk belanja kembali. Yang pasti menguntungkan karena
cashback bisa digunakan saat belanja lagi.
Pemilik
loyalty card pada umumnya akan mendapatkan keuntungan program potongan harga
yang tidak bisa didapat oleh yang bukan member. Tentu saja program spesial ini
sangat menguntungkan karena nominal yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan
belanja sebagai non member.
Bukan
hanya diskon, sering kali juga diadakan program promosi yang hanya ditujukan
untuk member. Misalnya Buy 1 Get 1, Program Referral yang mengajak orang lain
untuk menjadi member, dan masih banyak lagi
sesuai ketentuan member card. Tanpa memiliki loyalty
card, meskipun sering berbelanja di toko tersebut, tetap tidak bisa menikmati
promo tersebut.
Nah buat Anda yang mau buat loyalty card, bisa pesan
di percetakan Bintang Sempurna. Dipastikan terjamin kualitasnya dan kamu bahkan
juga bisa gabung dengan loyalty program Bintang Sempurna dan dapatkan juga
berbagai promo menarik untuk segala kebutuhan cetak di Bintang Sempurna dengan menjadi
member Sobat Bintang.
Caranya gampang banget. Anda cukup download
saja aplikasi Sobat Bintang dari smartphone kesayangan Anda dan nikmati berbagai
promo menarik mulai dari gratis ongkir sampai Fast Service bebas antri.
Mau
cetak apa saja bisa di Bintang Sempurna. Anda bisa:
·
Bermain dengan warna tinta spesial layaknya
pakai warna Fluorescent sampai Invisible yang memungkinkan Anda bermain dengan
berbagai warna sesuai kebutuhan.
·
Cetak dengan berbagai material, dari material
kertas Fancy sampai media kaku seperti kayu, ACP, akrilik dan masih banyak
lainnya.
Jangan ragu konsultasikan kebutuhan cetak Anda dengan Bintang Sempurna atau
langsung miliki loyalty card dengan daftar sekarang juga!
Sobat
Bintang App
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.loyal.bintangsempurna