Thursday, 17 June 2021
Hijab Segi Empat: Keunggulan, Tips, dan Cara Merawatnya

Hijab segi empat menjadi salah satu item fashion yang digemari di kalangan perempuan muslimah. Tidak hanya membuat penampilan lebih modis, hijab ini mudah dibentuk.

Hijab segi empat merupakan salah satu jenis hijab yang paling sering digunakan sehari-hari oleh para perempuan muslimah. Pemakaiannya yang mudah dan simpel membuat banyak orang perempuan muslimah menggunakannya dalam beragam aktivitas, termasuk di bulan Ramadan.

Sebagai informasi, berhijab adalah kewajiban bagi setiap perempuan muslimah di Dunia. Pasalnya, berhijab merupakan salah satu syari’at agama Islam yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dan harus dilaksanakan.

Seiring berjalannya waktu, pemakaian hijab saat ini tidak hanya buat keperluan menutup aurat, melainkan untuk menunjang fashion sehari-hari. Sekarang ini, semakin banyak pegiat mode yang berlomba menciptakan gaya hijab paling trendi.

Keunggulan Menggunakan Hijab Segi Empat


Setiap model hijab punya keunggulannya masing-masing, termasuk hijab segi empat. Adapun hijab jenis ini sebenarnya punya banyak keunggulan saat dikenakan oleh para perempuan muslimah. Berikut ini adalah beberapa keunggulannya!

1. Mudah Dibentuk

Hijab segi empat bisa dibilang sebagai salah satu model hijab yang mudah dibentuk. Gaya hijab yang satu ini diketahui sedang menjadi trend dan sudah muncul banyak rekomedasi dalam mengkreasikannya di internet. Jika Sobat Bintang sudah terbiasa mengkreasikan model hijab yang satu ini, maka akan memiliki skill untuk menciptakan gaya hijab yang lebih dinamis dan modis.

2. Membuat Penampilan Tampak Lebih Anggun

Keunggulan selanjutnya dari mengenakan hijab segi empat adalah membuat penampilan tampak lebih anggun dan cantik. Dengan menggunakan hijab, ada kesan pendewasaan dan keanggunan yang terpancar dari pemakainya. Penampilan seseorang yang mengenakan hijab juga cenderung terlihat rapi serta menambah nilai femininnya. Dengan menutup aurat secara baik dan benar, penampilan Sobat Bintang akan nampak lebih anggun dan berkesan.

3. Melindungi Kesehatan Rambut

Manfaat berikutnya dari memakai hijab adalah untuk melindungi kesehatan rambut Sobat Bintang. Meski beberapa orang mendapati bahwa hijab dapat menyebabkan rambut menjadi lepek dan berketombe, namun ternyata hijab juga memiliki dampak positif bagi rambut. Berhijab justru ikut berperan dalam melindungi kesehatan rambut dari kerusakan dan kekeringan akibat polusi udara serta sinar UV yang mengancam.

Agar rambut tetap terjaga kesehatan dan kilaunya selama menggunakan hijab, maka Sobat Bintang harus rajin melakukan perawatan rambut. Seperti misalnya, rutin memotong ujung rambut yang bercabang, creambath, menggunakan serum dan vitamin rambut, serta jangan mengikatnya terlalu kencang. Hal-hal ini tentu dapat mencegah ketombe, rontok dan kusam pada rambut selama berhijab.

4. Mencegah Kontaminasi Virus/Bakteri

Manfaat berhijab selanjutnya untuk membantu mencegah kontaminasi virus atau bakteri yang disebabkan oleh kepala atau rambut. Sekarang ini, ada beberapa jenis pekerjaan dan profesi tertentu mengharuskan karyawannya untuk menutupi kepala dan rambut guna menjaga kebersihan dan kehigienisan di lingkungan pekerjaan.

Misalnya perawat, pekerja di restoran cepat saji, klinik, dan yang lainnya diimbau untuk menggunakan penutup kepala untuk mencegah kontaminasi atau jatuhnya helai-helai rambut pada makanan. Dengan berhijab, Sobat Bintang sudah ikut berpartisipasi jauh sebelumnya untuk menjaga dan menaati tata tertib pada kasus ini.

5. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat berikutnya dari berhijab adalah untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang terkenal berbahaya. Sinar ultraviolet matahari dinilai berbahaya jika mengenai kulit dalam waktu tertentu.

Berbagai masalah kesehatan akibat sinar UV tersebut antara lain adalah kulit keriput, kerusakan mata, hingga kanker kulit. Para ahli kesehatan kemudian memperingatkan orang-orang untuk menggunakan sunblock demi melindungi kulit mereka. Namun, saran terbaik sebenarnya adalah memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh.

Hampir sama seperti matahari, udara panas juga membawa dampak buruk bagi kesehatan, khususnya pada otak. Jadi ketika udara sedang sangat panas dan seseorang harus keluar rumah, ahli kesehatan menyarankan untuk memakai pakaian yang dapat melindungi diri. Terutama pada bagian mata, kepala, dan leher untuk mengurangi risiko kesehatan yang menyerang otak. Di sinilah letak fungsi hijab segi empat bagi perempuan muslimah.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Terakhir, manfaat dari berhijab yaitu dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Perempuan muslimah yang mengenakan hijab dapat dengan mudah menutupi kekurangan-kekurangan pada fisiknya. Seperti misalnya rambut yang sedang kering dan lepek, warna kulit leher yang lebih gelap dari wajah, atau bekas luka.

Meski hal ini tidak boleh dijadikan dasar utama dalam niat untuk berhijab, namun kamu bisa menjalankan perintah dan ketetapan-Nya sekaligus membantu diri sendiri untuk tampil lebih percaya diri dengan tidak menunjukkan kekurangan yang dimiliki kepada orang lain.

Baca Juga: Greeting Card, Produk Cetak Buat Kolega Saat Momen Spesial 

Tips Berkreasi dengan Hijab Segi Empat


Hijab segi empat memang identik dengan tampilan sederhana, namun bisa membuat gaya berpakaian hari menjadi lebih fashionable. Dengan sentuhan yang berbeda, Sobat Bintang dapat berkreasi dengan hijab segi empat. Cara memakai hijab segi empat pun sangat beragam. Dari yang sederhana sampai yang bergaya glamor.

Berikut ini adalah beberapa tips berkreasi dengan hijab segi empat:

1. Hijab Segi Empat untuk Wajah Bulat

Kebanyakan perempuan tidak terlalu menyukai mengenakan hijab segi empat karena dianggap membuat wajah mereka terlihat semakin bulat. Namun, buat yang berwajah bulat, sebenarnya ada beberapa trik untuk menjadikan wajah tampak lebih tirus saat memakai hijab segi empat.

Sebaiknya pilih hijab dengan kain tipis dan flowing, lalu majukan agar menutupi separuh bagian pipi. Paling penting diingat, pilihlah model hijab yang tidak terlalu berat di bagian atas. Berikut tahapan untuk mengenakannya:

  • Pasang hijab segi empat di kepala. Sebelumnya pakailah ciput atau inner hijab terlebih dahulu. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas.
  • Sematkan tepi hijab yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.
  • Sematkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas. Majukan hijab sampai menutupi sebagian pipi.
  • Ambil bagian hijab yang panjang (kanan), kemudian tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.
  • Tarik terus ujung hijab hingga kembali ke sebelah kanan.
  • Terakhir, sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

2. Hijab Segi Empat Kreasi

Untuk membuat tampilan yang lebih fashionable, kamu bisa juga mencoba ikatan hijab yang lebih variatif. Berikut ini adalah tahapan dalam mengenakan hijab segi empat kreasi:

  • Lipat hijab menjadi bentuk segitiga, kemudian kerudungkan dengan kedua sisi sama panjang.
  • Bawa kain sisi kanan ke arah sisi kiri melewati depan seperti di dalam gambar.
  • Sematkan ujung sisi kanan yang ditarik tadi dengan jarum pentul. Sematkan beberapa sentimeter di belakang pelipis kiri agar inner terlihat.
  • Rapikan sisa kain dari sebelah kanan yang sudah disematkan di dekat pelipis kiri tadi dengan membawanya ke arah pundak sebelah kiri.
  • Sematkan kain dengan jarum pentul di pundak kiri agar terlihat rapi.
  • Tarik sedikit kain dari sisi kiri yang menempel pada pelipis untuk memperlihatkan inner. Setelah itu sematkan dengan menciptakan efek kerutan.
  • Lipat sedikit sisa kain sebelah kiri ke arah belakang, kemudian sematkan dengan jarum atau pin yang cantik.

3. Hijab Segi Empat untuk Pesta Pernikahan

Untuk menghadiri pesta pernikahan, biasanya hijab dikenakan dengan model yang lebih glamor. Misalnya saja hijab dengan aksen layer cantik di salah satu sisi kepala. Berikut ini adalah tahapan dalam mengenakan hijab segi empat untuk pesta pernikahan:

  • Bentuk hijab segi empat menjadi segitiga.
  • Kerudungkan hijab dengan bagian kiri dan kanan sama panjang.
  • Sematkan jarum di bagian pipi bawah sebelah kiri.
  • Sematkan juga bagian kanan dengan jarum.
  • Pastikan kedua sisi benar benar sama panjang.
  • Tarik kedua sisi hijab ke bagian kanan belakang.
  • Ambil ujung kain yang paling panjang.
  • Tarik ke puncak kepala hingga membentuk layer cantik. Sematkan dengan jarum pentul.

4. Hijab Segi Empat Ala Pegawai Bank

Model hijab yang digunakan pegawai bank biasanya lebih pendek dan diikat di sekitar leher. Ini tahapan untuk memakainya:

  • Siapkan hijab segi empat, kemudian lipat menjadi segitiga.
  • Kerudungkan hijab di atas kepala yang sudah memakai inner. Pastikan kedua sisinya sama panjang. Kemudian ambil jarum pentul dan sematkan di bawah dagu.
  • Silangkan kedua bagian, lalu ikat di belakang leher. Pastikan ikatan tersembunyi di balik bagian segitiga hijab. Setelah itu rapikan bagian depan jilbab yang terlihat mengerut atau tak rapi.

Cara Merawat Hijab Segi Empat


Pada dasarnya, merawat hijab sama dengan busana lainnya. Adapun, cara merawat hijab disesuaikan dengan materialnya. Meski begitu, ada beberapa cara umum yang bisa digunakan dalam merawat hijab, yaitu:

1. Cuci dengan Benar

Mencuci hijab segi empat bisa dilakukan dengan menggunakan deterjen. Namun, jika hijab berbahan sutra sebaiknya pilih deterjen cair karena daya bersihnya lebih rendah daripada deterjen serbuk. Untuk jilbab berbahan serat buatan biasanya tidak terpengaruh dengan deterjen sehingga bisa dicuci di mesin cuci bersama pakaian kotor lainnya.

2. Jemur Sesuai Aturan

Sama halnya dengan mencuci, menjemur hijab segi empat juga bergantung pada bahannya. JIka hijab berbahan sutra, atau bahan yang warnanya gampang pudar maka cara menjemurnya disesuaikan dengan aturan, yaitu dijemur di tempat teduh supaya warna dan kain tidak mudah rusak. Apalagi jika bahan hijab berupa kain tipis, maka cukup diangin-anginkan saja sudah kering.

3. Gunakan Setrika Otomatis

Dalam menyetrika hijab segi empat sebaiknya menggunakan setrika otomatis. Setrika ini memilki setelan level panas yang bisa disesuaikan dengan bahan hijab tersebut. Perlu Sobat Bintang tahu, ada juga hijab yang berbahan tidak gampang kusut sehingga sebaiknya tidak perlu disetrika agar awet.

4. Hilangkan Bekas Tusukan Jarum Pentul Atau Peniti

Cara menghilangkan bekas tusukan jarum pentul atau peniti pada kain hijab segi empat adalah menyemprotkan air ke bekas tusukan jarum, kemudian setrika bekas tusukan tadi dengan suhu setrika yang rendah. Dan ini bisa dilakukan setiap kali hijab terlihat ada bekas tusukan.

Baca Juga: Photobook, Suvenir Memorabilia Tepat Buat Beragam Perayaan

Layanan Hijab Segi Empat Custom Print di PT Bintang Sempurna


Sebagai perusahaan percetakan terbaik yang telah beroperasi sejak tahun 1989, PT Bintang Sempurna juga memiliki layanan print tekstil dengan beragam produk, termasuk hijab segi empat. Menariknya, produk hijab di PT Bintang Sempurna juga bisa dibuat secara custom print.

Artinya, produk hijab dari PT Bintang Sempurna ini bisa dibuat secara custom menggunakan desain milik Sobat Bintang ataupun dengan memilih template desain yang tersedia. Selain itu, Sobat Bintang juga bisa memilih warna standar (CMYK) maupun warna vibrant (CMYK + Fluorescent Pink + Fluorescent Yellow) untuk tampilan yang lebih fashionable.

Perlu diketahui, terdapat 3 bahan untuk membuat hijab segi empat yang bisa kamu pilih di PT Bintang Sempurna yaitu Ceruty-Baby Doll, Wool Peach, Satin Velvet. Ketiga bahan kain ini mempunyai tekstur yang lembut dan halus di kulit.

Dalam membuat produk hijab segi empat-custom print ini, PT Bintang Sempurna mengandalkan mesin Epson SureColor SC-F9430H. Sebagai informasi, Epson SureColor SC-F9430H adalah mesin printer sublimasi roll-to-roll berperforma tinggi 64 inci.

Adapun, Epson SureColor SC-F9430H mempunyai printhead ganda sehingga bisa menggunakan tinta CMYK + Fluorescent (Pink dan Yellow). Selain itu, mesin Epson SureColor SC-F9430H ini menggunakan Teknologi Precision Dot sehingga menghasilkan cetakan yang sempurna. Karena itu, mesin Epson SureColor SC-F9430H ideal untuk kain bahan kain roll-to-roll dari volume sedang hingga besar.

Untuk melakukan pemesanan, Sobat Bintang bisa menyambangi lokasi kami di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia Apabila Sobat Bintang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke tempat, bisa juga memesannya lewat Onlineprint.co.id. Selamat berbelanja ya!