Tuesday, 26 October 2021
Ini Kegunaan Buku Agenda Keja Selama WFH, Sudah Tahu?

Buku agenda jadi salah satu barang yang wajib dimiliki karyawan selama WFH. Kebijakan PPKM yang membatasi pergerakan masyarakat membuat mayoritas perusahaan menginstruksikan karyawan bekerja dari rumah. Meskipun terdengar menyenangkan, menjalaninya tidak semudah bayangan.

Seorang karyawan harus pintar-pintar mengelola waktu supaya pekerjaan selesai dan tugas rumah tidak terbengkalai. Terlebih lagi, mereka tidak hanya menjalani peran sebagai pekerja saja, tetapi juga menjadi orang tua dan kadang guru bagi anak-anaknya. Maka, mereka butuh notes book sebagai catatan harian untuk mendata apa saja tugas yang perlu diselesaikan hari itu. 

Baca Juga: Kalender Dinding 2021, Souvenir Promosi Paling Unik

Manfaat Buku Agenda untuk Karyawan Selama WFH



Buku agenda kerja merujuk pada suatu buku yang dipakai untuk mengatur, mengelola, dan memantau tanggung jawab atas beberapa tugas dan menyelesaikannya tepat waktu. Siapa saja dapat menggunakan buku catatan ini, seperti pelajar, pekerja lepas, ibu rumah tangga, hingga karyawan kantoran.

Sekalipun banyak aplikasi to-do-list atau planner yang tersedia di smartphone, buku agenda tetap jadi pilihan utama. Menulis sesuatu di buku catatan terbukti mempermudah seseorang mengingat berbagai informasi penting daripada hanya menyimpannya di aplikasi.

Lebih lanjut, berikut manfaat buku agenda kerja untuk karyawan selama WFH.

1.      Mengatur Jadwal Secara Efektif

Mengatur jadwal secara efektif dan efisien jadi bagian penting dalam manajemen waktu. Seseorang harus pandai menetapkan prioritas dan merencanakan tugas-tugasnya sebelum mulai bekerja. Catatan harian akan membantu penjadwalan ini, meskipun masih bekerja dari rumah saja.

2.      Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Tingkat produktivitas seseorang berdampak langsung pada kehidupan pribadi dan profesional. Di kantor, karyawan cenderung fokus pada urusan pekerjaan saja sehingga tugas dapat selesai tepat waktu. Di rumah, perhatian mereka terbagi antara pekerjaan dan urusan domestik. Menulis notes book akan membantu mereka mengatur kegiatan hariannya secara efektif.

3.      Membantu Mengelola Stres

Stres merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, baik akibat tekanan pekerjaan maupun urusan pribadi. Terlebih lagi, jadwal kegiatan yang padat bisa menjadi penyebab seseorang lelah secara fisik dan mental. Maka, menyusun semua kegiatan sedemikian rupa dalam agenda jadi trik jitu agar rasa cemas berkurang, stres pun hilang.

4.      Mencatat Hal-hal Penting dalam Satu Tempat

Agenda harian juga berguna untuk mencatat berbagai hal dalam satu tempat. Misalnya, jadwal meeting, tugas yang harus diselesaikan, dan target mingguan. Karena selalu dicatat, tentu lebih mudah untuk menelusuri ulang info-info penting yang diperlukan pada waktu mendatang.

5.      Fokus pada Satu Tugas dalam Satu Waktu

Multitasking terdengar keren, tetapi justru bisa menghambat performa kerja jika dilakukan terus-menerus. Menuliskan apa saja yang akan dikerjakan dalam buku agenda membuat seseorang fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Dengan begitu, ritme kerja tetap teratur, pekerjaan selesai lebih cepat, dan hasil kerja pun optimal.

6.      Memisahkan Urusan Pekerjaan dan Rumah

Buku agenda membantu pemisahan urusan pekerjaan dan rumah. Menuliskannya di bagian berbeda dapat membantu penyelesaian tugas masing-masing sesuai tenggat waktu. Meski saat praktik bisa jadi sulit, setidaknya dengan membedakan porsi kepentingan kantor dan rumah, produktivitas karyawan dapat lebih meningkat.

Mencetak Buku Agenda di PT Bintang Sempurna


Sobat Bintang, kebijakan PPKM yang diterapkan selama pandemi mengubah kebiasaan semua orang, termasuk dalam bekerja. Kesehatan karyawan menjadi prioritas sehingga kebijakan bekerja dari rumah adalah keputusan tepat. Meskipun begitu, Anda tentu tetap mengharapkan karyawan mampu menunjukkan kinerja terbaik.

Mencetak buku agenda untuk karyawan perusahaan dapat dimasukkan sebagai alternatif reward sekaligus memotivasi mereka agar tetap produktif bekerja. Untuk itu, Anda berkonsultasi dengan PT Bintang Sempurna, perusahaan percetakan andal yang telah beroperasi sejak 1989.

PT Bintang Sempurna menyediakan dua jenis buku agenda kerja, yaitu versi standar dan premium. Keduanya sama-sama menggunakan kertas 70 gsm sebagai isi. Untuk agenda versi standar, sampul memakai linen hitam. Sementara itu, agenda premium dapat dikemas dengan sampul material kulit maupun end paper embossed silky.

Anda dapat memilih metode cetak sesuai kebutuhan. Jika ingin mencetak dalam jumlah sedikit, opsi printing on demand dengan digital printing patut dicoba. Sementara itu, untuk mencetak agenda dalam jumlah besar, opsi offset printing jadi solusi terbaik.

Demikian pula saat menentukan finishing cover agenda kerja. Anda bisa mencoba teknik konvensional berupa embossed dan debossed. Untuk sentuhan akhir unik, Anda dapat mencoba finishing digital dengan laser engraving, laser cutting, maupun Texture UV Finish (TUF).

Sobat Bintang dapat datang langsung ke kantor PT Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, atau cukup pesan langsung di onlineprint.co.id. Pesan sekarang, yuk!