Tuesday, 26 October 2021
Inilah 3 UMKM Terpilih dalam Acara 101 Coaching dari PT Bintang Sempurna

Beberapa waktu lalu, PT Bintang Sempurna akhirnya menggelar 101 Coaching Clinic: Visual Branding. Acara ini merupakan lanjutan dari webinar “Branding Itu Penting” yang juga diadakan oleh PT Bintang Sempurna pada bulan Mei lalu.

Di 101 Coaching Clinic: Visual Branding kali ini, ada 3 UMKM yang terpilih untuk mengikuti pelatihan dari para expert pada bidangnya. Ketiga UMKM yang dipilih sebelumnya merupakan peserta dari acara webinar “Branding Itu Penting”.

Adapun, 3 UMKM terpilih ini adalah Sicash Makmor, Mie Ayam Tek Noeni, dan Titan Roti 88. Sedangkan para expert yang dihadirkan dalam acara 101 Coaching Clinic: Visual Branding ini adalah Drs. Rujiyanto, M.Sn (Branding Expert) dan Andrea Soekirman (Design Expert).

Baca Juga: PT Bintang Sempurna Memenangkan HP Inkspiration Award 2021

Nah, berikut ini adalah profil dari 3 UMKM terpilih dalam acara 101 Coaching Clinic: Visual Branding!


A. Sicash Makmor

Sicash Makmor adalah pusat pengrajin kayu yang berbasis di Blitar, Jawa Timur. UMKM yang satu ini diketahui punya pengalaman puluhan tahun di bidang kerajinan kayu, sebab sudah beroperasi sejak tahun 1956. Saat ini, Sicash Makmor juga berhasil merambah pasar Internasional dengan memasok kerajinan tangan dan alat music Djembe yang terbuat dari kayu.

Bukan hal mudah tentunya bagi Sicash Makmor hingga bisa mencapai posisinya sekarang. UMKM ini diketahui juga sering melakukan upaya branding, baik secara offline maupun online. Selain itu, Sicash Makmor pun aktif dalam mempromosikan produk-produk buatannya pada pameran lokal dan internasional.

Kami dari PT Bintang Sempurna mendukung langkah UMKM ini dalam memasarkan produk buatannya agar dapat berekspansi lebih luas dalam menembus pasar Internasional hingga mancanegara. Salah satunya adalah menerapkan strategi visual branding yang tepat setelah mendapatkan materi pembelajaran dan pelatihan dari acara 101 Coaching Clinic: Visual Branding.

Salah satu solusi branding yang disarankan untuk Sicash Makmor adalah membuat custom packaging, sales kit, FSDU (Floor Standing Display Unit) untuk kebutuhan branding alat music Djembe buatan mereka.


B. Mie Ayam Tek Noeni

UMKM yang satu ini berawal dari sebuah kafe di daerah Nusa Penida, Bali. Sayangnya, kafe tersebut harus tutup sebagai imbas dari pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. Pada akhirnya, Yuniarti sang pemilik membuka kembali kafe yang dinamakan ‘Mie Ayam Tek Noeni’ ini di garasi rumahnya yang berlokasi pada daerah Tangerang Selatan, Banten.

Mengandalkan mie ayam sebagai sajian utamanya, UMKM yang satu ini punya berbagai varian rasa yang lezat dan menggoyang lidah. Salah satu menu best seller dari Mie Ayam Tek Noeni adalah “Black Rendang” dan “Mie Ayam Homemade” yang dibuat secara manual serta bercita rasa tradisional. Selain itu, ada juga menu lain yang tidak kalah unik yaitu “Kebab Rendang” dan “Dadak Rendang”.

Mengusung tagline “Lezatnya Sehat dan Enaknya Beda”, Mie Ayam Tek Noeni selalu mempertahankan cita rasa dari produk-produk buatannya. Selain terus melakukan riset pengembangan produk dan variannya, Mie Ayam Tek Noeni juga sudah menerapkan langkah-langkah awal terkait visual branding, baik secara offline maupun online.

Karena itu, PT Bintang Sempurna mendukung upaya Mie Ayam untuk menembus pasar yang lebih luas dalam memasarkan produk-produknya. Diharapkan, materi-materi pembelajaran dan pelatihan dari acara 101 Coaching Clinic: Visual Branding ini dapat membantu meningkatkan strategi branding dari Mie Ayam Tek Noeni, terutama dalam perbaikan logo pada stiker serta kemasannya.


C. Titan Roti 88

UMKM ini didirikan oleh pasangan suami istri bernama Rasyo dan Siti Hamidah. Pasangan suami istri ini merintis usaha yang dinamakan Titan Roti 88 sejak bulan Januari 2013. UMKM yang menjalankan usaha roti rumahan ini terus berkembang dengan menjual berbagai macam roti, seperti bagelen, roti manis, roti buaya, dan sebagainya.

Titan Roti 88 ini berlokasi di Tangerang Selatan, Banten. Adapun, produk best seller dari Titan Roti88 ini adalah bagelen yang punya tempat tersendiri dari para konsumennya, seperti tagline yang mereka usung yaitu “Rasa Berbicara”.

Sebagai informasi, UMKM yang satu ini terhitung sangat aktif dalam mengikuti beragam pelatihan dan sertifikasi. Mereka juga sejak awal terus mengupayakan aktivitas branding merek Titan Roti 88, baik offline maupun online.

Karena itu, Titan Roti 88 sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dan pelatihan dalam 101 Coaching Clinic: Visual Branding ini. Selain itu, Titan Roti 88 terus berupaya dalam menghasilkan berbagai produk roti terbaik.

PT Bintang Sempurna sangat mengapresiasi semua upaya pengembangan yang dilakukan Titan Roti 88 sehingga memilih mereka sebagai UMKM terpilh untuk acara 101 Coaching Clinic: Visual Branding. Seusai acara ini, Titan Roti 88 pun mendapatkan beragam tips untuk mengembangkan materi seputar kebutuhan brandingnya, yakni menciptakan packaging dan item-item sign and display dalam rangka rebranding premium.

Acara ini sendiri terdiri dari 3 sesi buat masing-masing UMKM. Acara ini diawali dengan pembukaan dari moderator yang menjelaskan tentang coaching agenda serta memperkenalkan host dan coach.

Sesudahnya, setiap UMKM tersebut mengikuti facility tour dari PT Bintang Sempurna. Mereka juga diperkenalkan dengan banyak pilihan opsi dalam memproduksi setiap item branding dari mesin-mesin yang dimiliki PT Bintang Sempurna.

Baca Juga: PT Bintang Sempurna Gelar 101 Coaching Clinic Sebagai Pelatihan UMKM 

Pada tahap selanjutnya, setiap UMKM yang terpilih ini bisa menggunakan voucher tersebut untuk merealisasikan hasil redesain dan rebranding dari bisnis yang mereka geluti. Ketiga UMKM ini mendapatkan voucher “Branding Print” sebesar 5 juta Rupiah dan goody bag yang dipersonalisasi dari PT Bintang Sempurna seusai acara.

Sebagai informasi, proses desain untuk kebutuhan branding dari ketiga UMKM tersebut akan dikerjakan oleh Andrea Soekiman dan timnya dari Next Agency. Sedangkan proses produksi seluruhnya akan dikerjakan oleh PT Bintang Sempurna. Setelah proses desain dan proses produksi usai, barulah akan diaplikasikan di pada masing-masing UMKM tersebut.

Itulah profil seputar ketiga UMKM yang terpilih dalam penyelenggaraan 101 Coaching Clinic sebagai lanjutan dari Webinar bertajuk “Branding Itu Penting” dari PT Bintang Sempurna. Sampai jumpa di acara-acara berikutnya yang akan dihadirkan PT Bintang Sempurna untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. See Ya!