Sunday, 8 September 2024
Kartu Member: Solusi Efektif Pengikat Pelanggan

Anda pasti pernah kan ditawari untuk membuat kartu member saat sedang belanja? Entah itu di toko brand tertentu, supermarket hingga minimarket, biasanya pemegang kartu membership akan memiliki kelebihan tersendiri dibanding yang tidak punya kartu. Bisa dapat harga lebih murah, diskon lebih banyak, dapat ikut undian tertentu dan lain sebagainya.

 

Uniknya, dengan beragam keuntungan tersebut, cara mendapatkan kartu member dari brand tertentu biasanya tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Padahal kalau dipikir-pikir untuk cetak kartu anggota pasti butuh biaya, lalu mengapa diberikan secara gratis kepada para pelanggan? Ternyata kartu anggota itu tidak hanya menguntungkan buat pelanggan, tetapi juga buat pelaku bisnis.

Baca juga: Kartu Ucapan Sebagai Pengganti Salam, Begini Fungsinya

 

Apa Itu Kartu Member?

 

Kartu member merupakan penanda kalau Anda adalah bagian dari kelompok atau komunitas tertentu. Kartu member ada yang berlaku seumur hidup dan ada yang ada periode masa berlakunya yang harus diperbaharui.

 

Untuk memiliki kartu membership, biasanya ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Salah satunya dengan mengisi data diri. Bagi perusahaan atau organisasi, memberi kartu member ada tujuannya. Sedangkan bagi member ada manfaatnya.

 

Fungsi Kartu Member Bagi Perusahaan

 

Ada beberapa fungsi member card bagi perusahaan yang menerbitkannya. Di antaranya adalah:

 

1. Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Saat ini penting untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Menawarkan keuntungan lewat kartu member adalah langkah awal yang baik untuk mulai membangun hubungan. Dengan hubungan yang baik, Perusahaan bisa lebih mudah menawarkan produk maupun jasa baru.

 

2. Brand Awareness

Kartu member bisa dijadikan cara untuk memperkuat brand kita ke konsumen yang lebih luas. Adanya keuntungan dari member card akan membuat nama perusahaan lebih dikenal dan sering disebut di mana-mana. Apalagi kalau banyak hal positif yang diberikan bagi pemegang kartu member.

 

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Pada umumnya, memiliki kartu member artinya konsumen akan mendapat layanan tertentu yang berbeda dari konsumen lain yang bukan member. Layanan yang berbeda ini akan membuat member jadi lebih loyal dengan perusahaan dan akan terus menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan.

 

4. Menjaring Data Pelanggan

Manfaat yang juga sangat penting buat kartu member adalah untuk menjaring data pelanggan. Ketika membuat kartu membership, konsumen harus mengisi sejumlah data. Apakah itu nama, No. HP dan lain-lain.

 

Dengan data pelangga,n Perusahaan bisa melakukan analisis pasar tentang apa yang disukai pelanggan, berapa rentang usia pelanggan, berapa sering pelanggan menggunakan produk dan lain sebagainya. Melalui analisa mendalam data pelanggan, Perusahaan juga tahu mana strategi pemasaran yang paling tepat dan disukai pelanggan.

 

Manfaat Kartu Member untuk Anggota

 

Di sisi lain, anggota yang memegang kartu member juga mendapatkan manfaat. Di antaranya adalah:

 

1. Mendapat Poin

Biasanya tiap kali berkunjung atau berbelanja ke tempat di mana kita menjadi member, maka kita akan dapat poin. Nantinya kalau poin sudah terkumpul banyak bisa digunakan untuk menukar jadi produk tertentu atau digunakan untuk belanja, dan lain sebagainya.

 

Kalau sering berbelanja atau menggunakan layanan di tempat tertentu, akan sangat menguntungkan membuat kartu member, karena Anda akan sering mendapatkan keuntungannya. Sebaliknya, kalau jarang menggunakan layanannya, memang menjadi member tidak akan begitu terasa apa kelebihannya.

 

2. Mendapat Potongan Harga

Salah satu yang disuka dari kartu member pada umumnya adalah mendapat potongan harga. Di berbagai toko dan tempat belanja, sering diadakan program khusus di mana pemegang kartu anggota akan mendapatkan potongan harga yang tidak bisa didapatkan pembeli lain yang bukan member.

 

Bagi yang sering berbelanja di toko tersebut, manfaat ini akan sangat menguntungkan. Tiap kali belanja, selalu ada diskon tambahan. Jadi sebaiknya dipikirkan untuk menjadi member di tempat yang reguler dikunjungi.

 

3. Mendapat Layanan Spesial

Berbeda dengan yang tidak menjadi member, biasanya pemegang kartu anggota akan menikmati berbagai layanan khusus di momen tertentu. Misalnya ada voucher khusus di hari-hari besar. Atau akan diberi tahu lebih dahulu jika ada produk baru.

 

Jadi ingin membuat kartu member juga? Rencanakan dulu program membership seperti apa yang dibutuhkan pelanggan sesuai kemampuan perusahaan. Mu cetak kartu member juga tidak perlu bingung, karena ada Bintang Sempurna.

 

Tertarik buat cetak kartu member atau kartu nama? Datang saja ke Bintang Sempurna, percetakan di Benhil yang sudah beruperasi sejak tahun 1989. Di sana Anda bisa cetak apa saja, tak hanya kartu member.

 

Kalau mau lebih untung lagi, Anda bisa jadi member di Bintang Sempurna. Dapatkan pelayanan terbaik dari Bintang Sempurna dengan join member jadi Sobat Bintang dengan download aplikasinya sekarang dan langsung nikmati promo-prommo eksklusif cetak hanya di Bintang Sempurna.

 

Gabung Jadi Sobat Bintang sekarang!

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.loyal.bintangsempurna