Thursday, 18 April 2024
Kegunaan Kalender Meja untuk Bekerja

Di tengah rutinitas kerja yang padat, sering kali kita lupa waktu. Padahal beberapa pekerjaan tertentu sangat membutuhkan tanggal untuk tahu kapan deadline penyelesaianya. Di sinilah Anda butuh yang namanya kalender meja. Tapi bukankah setiap pekerja hampir pasti punya smartphone yang memuat kalender? Lantas buat apa kalender meja?


Kalender meja tentu saja umumnya diletakkan di atas meja. Karena berada di atas meja, Anda jadi gampang melihatnya. Dengan begitu kecil kemungkinan Anda akan lupa pada rencana apa yang telah Anda susun. Selain itu, kalender meja juga cocok untuk membuat rencana jadi terperinci atau to-do-list setiap harinya.


Kegunaan Kalender Meja


Bahkan kalau Anda mau memperinci lebih dalam lagi, ada begitu banyak kegunaan kalender meja. Apa saja? Berikut diantaranya:


1. Pengingat yang efektif

 

Kalau Anda termasuk pekerja yang tidak hanya mengerjakan urusan di dalam ruang kantor, kalender meja adalah alat ajaib yang siap menjadi pengingat. Terutama kalau Anda punya jadwal rapat atau kegiatan kontrol di lapangan. Rencana meeting dengan klien juga bisa Anda tulis di kalender meja.

 

2. Menentukan jadwal liburan

 

Siap untuk ambil liburan atau cuti? Kalender meja bisa membantu Anda menentukan waktu yang sesuai sehingga Anda tak harus meninggalkan pekerjaan penting atau mengganggu agenda lain.

 

3. Pengingat hal-hal personal

 

Urusan bisnis bakal lebih mesra jika Anda lebih memahami secara personal rekan bisnis Anda. Misalnya dengan tahu hari ulang tahun atau hari special rekan bisnis Anda. Kalender meja tentu saja bisa membantu. Anda juga bisa membuat pengingat soal hari perpanjangan kontrak kerjasama, hari ulang tahun perusahaan, dan hari penting lainnya.

 

4. Media branding


Anda pasti pernah lihat bagaimana bentuk cover kalender meja. Di situ biasanya memuat tampilan gambar penuh tanpa ada penanggalan. Penanggalan baru ada di halaman kedua, ketiga dan seterusnya. Kenapa? Soalnya kalender meja sering digunakan sebagai media branding.

Misalnya dengan menampilkan gambar perusahaan di halaman depan, entah itu produknya, gedungnya, produknya atau orang-orang penting dan terkenal di perusahaan. Ini juga yang jadi alasan kenapa banyak kalender meja yang dijadikan souvenir perusahaan.

 

Baca Juga: Kalender Meja 2021, Saran Terbaik untuk Branding

 

Perhatikan Sebelum Cetak Kalender Meja

Nah, jika Anda punya rencana untuk cetak kalender meja sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

 

1. Ukuran Kalender

 

Bagaimanapun juga, kalender harus terlihat dengan jelas. Jadi jangan memilih ukuran kalender yang terlalu kecil. Meskipun ukuran yang terlalu besar juga pasti kurang cocok untuk diletakkan di meja. Pada umumnya, ukuran kalender meja yang paling besar adalah 21 x 15 cm. Ada yang lebih suka ukuran lebih kecil.

Yang pasti, ukuran kalender meja harus disesuaikan dengan ukuran meja. Jangan pilih yang terlalu besar untuk meja kecil. Pastikan juga ukuran kalender tidak mengganggu mobilitas dan produktivitas kita di meja tersebut.

 

2. Bentuk Kalender

 

Bentuk kalender meja yang paling sering kita lihat adalah kalender duduk. Karena seringnya diletakkan di meja kerja kantor, orang lebih melihat fungsinya daripada estetikanya. Padahal ini penting juga untuk mempercantik meja kerja. Tampilan meja kerja yang keren bisa meningkatkan mood saat memulai hari, lho. Kalau mood sudah baik di awal hari, siapa tahu kita bisa lebih semangat dalam bekerja di sepanjang hari.

 

3. Desain Kalender

 

Desain kalender itu penting. Bahkan untuk kalender meja perusahaan pun ini penting. Apalagi kalau untuk promosi perusahaan, harus ada logo perusahaan yang jelas di setiap halaman. Tapi desain yang estetik juga penting supaya kalender terlihat menarik, membuat orang yang melihatnya menengok karena penasaran.

 

Kalau kalender meja dibaut untuk pribadi, tentu Anda bisa lebih bebas berkreasi untuk membuat desain yang sesuai selera masing-masing.

 

4. Posisi Kalender

 

Setelah kalender meja jadi, posisi meletakkannya juga jadi hal penting. Untuk diletakkan di meja rumah yang posisinya ada di pinggir sofa, misalnya, bisa dipasang di tengah meja. Karena meja di samping sofa tidak digunakan secara aktif.

 

Tapi untuk meja kerja, tentu di bagian tengahnya harus kosong. Karena kita bekerja biasanya di tengah meja. Kalau ada kalender meja dan terlalu banyak barang di tengah, tentu jadi tidak leluasa. Jangan sampai kalender mengganggu produktivitas kita.


Kalender meja tidak hanya digunakan untuk meja kerja di kantor saja. Di rumah juga terkadang dibutuhkan, misalnya untuk diletakkan di atas meja ruang TV atau di meja samping tempat tidur. Tapi memang karena ukurannya yang minimalis dan fungsinya yang efektif, maka sering dijadikan souvenir perusahaan yang berfungsi sebagai alat promosi.






Berencana cetak kalender meja untuk kebutuhan pribadi atau perusahaan? Cetak saja di Bintang Sempurna. Sobat Bintang bisa cetak kalender meja seperti apapun di sana. Berbagai pilihan bahan tersedia. Begitu juga dengan mesin cetaknya, bisa pakai digital printing sehingga lebih hemat. Selain itu, sobat bintang juga bisa #BermainDenganWarna tinta print menggunakan mesin cetak Hp Indigo 5900 dan 5700.


Bintang Sempurna adalah percetakan digital printing benhil yang sudah ada sejak tahun 1989. Percetakan ini juga punya dua cabang bernama Hi-Q dan Star Printing. Anda bisa langsung berkunjung ke store di Jl. Bendungan Hilir No.46, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Tapi kalau Anda lebih suka yang praktis, bisa juga cetak kalender meja di platform cetak online dari Bintang Sempurna sendiri via onlineprint.co.id