Program
membership merupakan salah satu strategi marketing untuk menarik dan
mempertahankan konsumen. Konsumen biasanya
juga suka dengan program membership. Dengan memiliki kartu member, konsumen akan
mendapat lebih banyak
keuntungan dan berbagai promo.
Baca Juga: Ada
3 Jenis Member Card Beserta Keuntungannya. Punya Anda yang Mana Nih?
Lalu
apa untungnya bagi perusahaan membuat program membership? Sekilas memang kelihatan
hanya menguntungkan konsumen. Mereka yang pegang member card akan dapat diskon
lebih banyak, poin dan lain sebagainya sesuai dengan kebijakan program. Tapi kalau
dicermati lebih dalam, program member sangat menguntungkan bagi Perusahaan.
Tiap bisnis pasti
menginginkan retensi yang tinggi, di mana konsumen akan kembali membeli produk. Bukan hanya menghasilkan
pendapatan yang lebih tinggi, tapi biaya yang dibutuhkan untuk mengajak
konsumen kembali lebih kecil dibandingkan mencari konsumen baru.
Program
membership bisa sangat membantu meningkatkan retensi konsumen dan menurunkan
rata-rata konsumen tidak kembali lagi. Program membership mampu mengubah konsumen
yang hanya beli 1 kali menjadi konsumen tetap.
Dengan
memberi reward berupa promo potongan harga, diskon, dan sebagainya pada
konsumen, maka konsumen bisa berubah menjadi pelanggan setia. Tentunya,
kualitas produk juga harus dijaga agar konsumen tetap setia menggunakan
produknya. Nah, kalau semua produk dan layanan sudah berkualitas tinggi,
konsumen dengan sendirinya akan mempromosikan produk kita.
Mereka
akan dengan senang hati mempromosikan produk ke orang terdekat mereka. Dari
sini tercipta promosi dari mulut ke mulut yang hingga kini masih berperan
penting dan memberi dampak positif pada produk apa pun.
Program
membership mampu memicu frekuensi pembelian konsumen, terutama untuk produk
margin rendah dengan siklus penjualan yang lebih pendek. Misalnya saja kafe
yang mengadakan program membership. Makin banyak kopi yang dibeli, maka mereka
akan dapat keuntungan.
Contohnya,
setelah beli 10 gelas kopi, maka gelas yang ke-11 gratis. Dengan program
semacam ini, konsumen akan tertarik untuk kembali ke sana lagi, bukannya pindah
ke kafe lain.
Member adalah mereka yang menjadi anggota dari program
bisnis yang kita jalankan. Nah, sebelum menjadi member, salah satu ketentuan
mendapatkan member card adalah konsumen harus mengisi data. Data konsumen
inilah yang sangat penting. Kita bisa menganalisa konsumen produk kita itu
seperti apa, berapa rentang usianya, apa jenis gendernya dan masih banyak lagi.
Dengan tahu siapa konsumen, kita juga bakal tahu apa
produk yang mereka sukai. Dengan begitu, kita bisa
meluncurkan produk yang disukai pasar.
Tidak
semua program membership bisa sukses. Karena itu, harus direncanakan dengan
baik sebelum diluncurkan. Ini dia beberapa tips agar program keanggotaan sukses:
Cari
tahu promo apa yang biasanya paling disuka konsumen. Promo apa yang paling
digunakan oleh konsumen. Dari situ, kita akan tahu apa program yang terbaik.
Tentu variasi itu penting, tapi program yang paling disukai bisa diadakan lebih
sering.
Buat
program promo yang sesuai dengan citra brand. Misalnya kedai teh yang
mengedepankan go green. Berikan diskon pada konsumen yang datang dengan membawa
tumbler sendiri dan semacamnya. Program jadi lebih menarik karena sesuai dengan
brand.
Program
membership tak harus dalam bentuk diskon dan cashback saja. Sebisa mungkin
buatlah program yang lebih variatif supaya menarik. Misalnya menawarkan penukaran
poin dengan merchandise, atau bisa membeli merchandise dengan harga yang jauh
lebih terjangkau, dan lain-lain.
Nah, salah salah satu contoh program membership yang bermanfaat
dibuat oleh Bintang Sempurna. Percetakan terintegrasi ini sedang mengadakan
program membership buat melayani segala kebutuhan cetak. Dengan jadi member
Bintang Sempurna, Anda bisa menikmati berbagai promo menarik. Ada gratis Ongkir,
Fast Service, Bebas Antri dan masih banyak lagi.
Caranya, download saja aplikasi Sobat Bintang di gadget
kesayangan.
Di Bintang Sempurna, Anda bisa nikmati layanan cetak
apa saja, dari printing dokumen hingga digital finishing. Anda bisa bermain dengan
warna tinta spesial yang jarang tersedia di percetakan lain seperti warna
Fluorescent sampai Invisible.
Mau cetak dengan material rigid? Bintang Sempurna
bisa. Dari material kertas Fancy sampai media kaku seperti kayu, ACP, akrilik
dan masih banyak lainnya. jadi langsung saja, konsultasikan kebutuhan cetak
Anda di Bintang Sempurna atau hubungi Customer Service di +62 821-6665-5000.