Thursday, 30 November 2023
Membership: Untung Lebih Banyak, Pelanggan Makin Luas

Program membership merupakan salah satu strategi marketing untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Konsumen biasanya juga suka dengan program membership. Dengan memiliki kartu member, konsumen akan mendapat lebih banyak keuntungan dan berbagai promo.

 

Baca Juga: Ada 3 Jenis Member Card Beserta Keuntungannya. Punya Anda yang Mana Nih?

 

Lalu apa untungnya bagi perusahaan membuat program membership? Sekilas memang kelihatan hanya menguntungkan konsumen. Mereka yang pegang member card akan dapat diskon lebih banyak, poin dan lain sebagainya sesuai dengan kebijakan program. Tapi kalau dicermati lebih dalam, program member sangat menguntungkan bagi Perusahaan.

 

Apa Keuntungan Program Membership?

 

1. Meningkatkan Retensi Konsumen

 

Tiap bisnis pasti menginginkan retensi yang tinggi, di mana konsumen akan kembali membeli produk. Bukan hanya menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi, tapi biaya yang dibutuhkan untuk mengajak konsumen kembali lebih kecil dibandingkan mencari konsumen baru.

 

Program membership bisa sangat membantu meningkatkan retensi konsumen dan menurunkan rata-rata konsumen tidak kembali lagi. Program membership mampu mengubah konsumen yang hanya beli 1 kali menjadi konsumen tetap.

 

2. Menjadikan Konsumen Wakil Produk Kita

 

Dengan memberi reward berupa promo potongan harga, diskon, dan sebagainya pada konsumen, maka konsumen bisa berubah menjadi pelanggan setia. Tentunya, kualitas produk juga harus dijaga agar konsumen tetap setia menggunakan produknya. Nah, kalau semua produk dan layanan sudah berkualitas tinggi, konsumen dengan sendirinya akan mempromosikan produk kita.

 

Mereka akan dengan senang hati mempromosikan produk ke orang terdekat mereka. Dari sini tercipta promosi dari mulut ke mulut yang hingga kini masih berperan penting dan memberi dampak positif pada produk apa pun.

 

3. Meningkatkan Frekuensi Pembelian

 

Program membership mampu memicu frekuensi pembelian konsumen, terutama untuk produk margin rendah dengan siklus penjualan yang lebih pendek. Misalnya saja kafe yang mengadakan program membership. Makin banyak kopi yang dibeli, maka mereka akan dapat keuntungan.

 

Contohnya, setelah beli 10 gelas kopi, maka gelas yang ke-11 gratis. Dengan program semacam ini, konsumen akan tertarik untuk kembali ke sana lagi, bukannya pindah ke kafe lain.

 

4. Mengumpulkan Data Konsumen

 

Member adalah mereka yang menjadi anggota dari program bisnis yang kita jalankan. Nah, sebelum menjadi member, salah satu ketentuan mendapatkan member card adalah konsumen harus mengisi data. Data konsumen inilah yang sangat penting. Kita bisa menganalisa konsumen produk kita itu seperti apa, berapa rentang usianya, apa jenis gendernya dan masih banyak lagi.

 

Dengan tahu siapa konsumen, kita juga bakal tahu apa produk yang mereka sukai. Dengan begitu, kita bisa meluncurkan produk yang disukai pasar.

 

Tips Promo Membership yang Efektif

 

Tidak semua program membership bisa sukses. Karena itu, harus direncanakan dengan baik sebelum diluncurkan. Ini dia beberapa tips agar program keanggotaan sukses:

 

1. Libatkan Konsumen

 

Cari tahu promo apa yang biasanya paling disuka konsumen. Promo apa yang paling digunakan oleh konsumen. Dari situ, kita akan tahu apa program yang terbaik. Tentu variasi itu penting, tapi program yang paling disukai bisa diadakan lebih sering.

 

2. Sesuaikan Program dengan Brand

 

Buat program promo yang sesuai dengan citra brand. Misalnya kedai teh yang mengedepankan go green. Berikan diskon pada konsumen yang datang dengan membawa tumbler sendiri dan semacamnya. Program jadi lebih menarik karena sesuai dengan brand.

 

3. Berikan Promo Variatif

 

Program membership tak harus dalam bentuk diskon dan cashback saja. Sebisa mungkin buatlah program yang lebih variatif supaya menarik. Misalnya menawarkan penukaran poin dengan merchandise, atau bisa membeli merchandise dengan harga yang jauh lebih terjangkau, dan lain-lain.

 

 

Nah, salah salah satu contoh program membership yang bermanfaat dibuat oleh Bintang Sempurna. Percetakan terintegrasi ini sedang mengadakan program membership buat melayani segala kebutuhan cetak. Dengan jadi member Bintang Sempurna, Anda bisa menikmati berbagai promo menarik. Ada gratis Ongkir, Fast Service, Bebas Antri dan masih banyak lagi.

 

Caranya, download saja aplikasi Sobat Bintang di gadget kesayangan.

 

Di Bintang Sempurna, Anda bisa nikmati layanan cetak apa saja, dari printing dokumen hingga digital finishing. Anda bisa bermain dengan warna tinta spesial yang jarang tersedia di percetakan lain seperti warna Fluorescent sampai Invisible.

 

Mau cetak dengan material rigid? Bintang Sempurna bisa. Dari material kertas Fancy sampai media kaku seperti kayu, ACP, akrilik dan masih banyak lainnya. jadi langsung saja, konsultasikan kebutuhan cetak Anda di Bintang Sempurna atau hubungi Customer Service di +62 821-6665-5000.