Ketika membeli sebuah produk yang pertama kali Anda
lihat adalah kemasan. Bahkan pada beberapa kasus, Anda mungkin akan memilih
produk berdasarkan kemasannya. Meski tidak semua kemasan produk menjamin isi
didalamnya, tetapi kemasan punya peran penting dalam strategi penjualan.
Dari sisi konsumen, selain menunjukkan identitas
produk yang Anda cari, kemasan atau packaging juga memiliki banyak sekali
fungsi dan kegunaan. Setidaknya kemasan akan melindungi
produk di dalamnya. Produk akan jadi
lebih terlindungi dan bersih karena tidak terkontaminasi
udara di luar sekaligus membuat konsumen mudah membawanya.
Dilihat dari segi pengertian, kemasan atau packaging
adalah benda yang berfungsi untuk melindungi atau membungkus suatu produk agar
terlihat rapi dan bersih. Jenis-jenis kemasan ada banyak, biasanya dibedakan
berdasarkan isi, frekuensi pemakaian atau bahannya. Packaging
box adalah salah satunya. Ini adalah
kemasan produk yang berbentuk bok, seperti namanya packaging box.
Jika fungsi kemasan bagi sebuah produk adalah
melindungi isi produk, maka packaging box berguna untuk mempertegas kemasan.
Jadi berada di luar dari kemasan utama (primer), biasanya berguna untuk melindungi
produk selama pengiriman barang. Bisa juga untuk mempermudah konsumen membawa
produk.
Selain itu, ada beberapa manfaat kemasan box lainnya bagi sebuah brand:
·
Melindungi produk di
dalamnya dari debu, asap, air, benturan dan lain sebagainya.
·
Meningkatkan daya tarik
bagi calon konsumen, makin menarik packaging box maka akan semakin menarik
minat pembeli.
·
Sebagai cara berpromosi,
nama produk dan kontak perusahaan tertulis di packaging membuat orang lebih
mudah mencari tahu tentang produknya.
Packaging
produk sangat penting bagi sebuah brand untuk menunjukkan penanganan yang
profesional hingga ke hal-hal yang detail. Kalau kemasannya saja sudah dibuat
sedemikian rupa untuk melindungi isinya, maka tentu produknya pun dibuat dengan
teliti dan hati-hati. Detail ini bisa meningkatkan brand awareness dan tingkat
kepercayaan konsumen kepada brand.
Calon
konsumen akan semakin yakin untuk membeli sebuah produk hanya karena kemasannya
yang berkualitas. Sedangkan konsumen yang sudah pernah membeli akan kembali
membeli produk tersebut sampai akhirnya menjadi pelanggan setia.
Pada
packaging produk juga biasanya disematkan kontak perusahaan. Ini memudahkan
kalau ada calon klien yang potensial untuk menghubungi perusahaan. Dari
packaging saja, sebuah brand bisa mendapat peluang atau kerja sama baru.
Baca Juga: 8 Rekomendasi Media Promosi yang Tepat untuk Membangun
Bisnis
Saat
akan mencetak packaging box dalam jumlah besar, tentu ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan. Antara lain adalah:
Ukuran
packaging box harus sesuai dengan produk, jangan sampai terlalu kecil atau
terlalu besar. Akan lebih baik kalau menyediakan ukuran box yang berbeda-beda,
jadi bisa disesuaikan dengan jumlah produk yang dibeli.
Box
biasanya akan dicetak dalam bentuk datar, baru kemudian dilipat secara manual.
Karena itu, harus ada bleed, yaitu area pinggiran kemasan yang akan membantu
dalam proses pemotongan. Ukuran bleed kira-kira 3 – 6 mm.
Selain
itu ada pula paskris atau nama lainnya crop mark. Paskris merupakan penanda di
bagian mana kemasan harus dipotong. Tanpa bleed dan paskris, saat dibentuk
nanti packaging box bisa terlihat kurang rapi.
Meski desain kemasan fleksibel dibuat seperti
apapun, tetapi akan lebih baik jika sesuai dengan produk yang
ditawarkan. Misalnya produk gadget seperti HP atau laptop biasanya dikemas
simpel, hanya warnanya saja yang berbeda-beda dan dibuat semenarik mungkin.
Tentu berbeda dengan box kue yang biasanya dikemas dengan cantik.
Terakhir,
perhatikan apakah ada detail yang kurang atau kelebihan pada huruf yang akan
dicetak. Entah itu nama brand atau di bagian kontak. Salah satu huruf saja,
akibatnya bisa sangat fatal. Kalau cetak banyak, jadi terbuang percuma.
Anda juga harus perhatikan dimana tempat cetak
kemasan. Meski ada banyak percetakan terdekat yang bisa cetak kemasan, tapi
kalau Anda ingin jaminan kemasan box berkualitas, pilih percetakan yang sudah
berpengalaman. Misalnya saja percetakan Bintang Sempurna yang sudah beroperasi
sejak tahun 1989.
Dengan pengalaman lebih dari 33 tahun, percetakan ini
terus berinovasi dan berinvestasi agar selalu memberikan pelayanan terbaik
untuk para konsumen. Soal cetak packaging box, Anda bisa pilih teknologi cetak
digital maupun offset. Anda juga bisa bermain dengan
warna tinta print metalik sampai fluorescent yang dapat membuat tampilan produk
lebih menarik.
Percetakan Bintang Sempurna
juga punya platform cetak online untuk mempermudah Anda. Silakan buka Online
Print di www.onlineprint.co.id. Kunjungi Bintang Sempurna
sekarang atau hubungi Customer Service di +62 821-6665-5000