Friday, 29 March 2024
Pilih Digital Printing Ramah Lingkungan, Jangan Sampai Keliru!

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini dunia percetakan sudah banyak beralih ke digital printing. Mesin digital printing memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah kualitasnya yang unggul. Warnanya lebih tajam dengan rona yang bisa dikontrol sesuai selera dan kebutuhan. Selain itu, kualitas cetaknya lebih stabil dan konsisten.

 

Dari segi kecepatan, digital printing prosesnya lebih cepat dibandingkan cetak offset. Karena ada berbagai proses yang sebelumnya harus dilewati oleh mesin offset printing bisa dipangkas dengan mesin cetak digital.

 

Baca Juga: Offset Printing, Ketahui Perbedaan Hasil Cetaknya dengan Digital Printing



Digital Printing Ramah Lingkungan



Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah digital printing lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan jenis cetak lainnya. Faktor apa saja yang membuatnya lebih ramah bagi lingkungan?

 

1. Menghasilkan Sampah Lebih Sedikit

 

Teknik mencetak konvensional membutuhkan pelat atau yang istilah teknisnya disebut Stock Keeping Unit (SKU). SKU akan rusak seiring berjalannya waktu. Jadi mesin cetak yang sering digunakan harus diganti SKU secara berkala. Tiap dokumen yang akan dicetak, harus melewati pelat printer.

 

Dengan sistem digital printing, dokumen yang akan dicetak tidak perlu melewati SKU. Misalkan Anda mau cetak stiker, maka Anda cukup unggah dokumen, lalu langsung dicetak. Karena itu, tidak perlu mengganti SKU secara berkala. Prosesnya lebih mirip printer rumahan. Otomatis, menggunakan digital printing jadi mengurangi sampah pelat. Jadi jelas lebih ramah lingkungan dibandingkan teknik cetak konvensional.

 

2. Bisa Atur Jumlah Cetakan Agar Lebih Efisien

 

Misalkan Anda ingin cetak kartu nama atau cetak brosur dengan teknik digital printing, maka Anda tidak harus memenuhi kuota cetak tertentu. Bahkan mencetak satu lembar pun bisa. Jadi tiap kali akan mencetak bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lebih tepat sasaran dan otomatis lebih efisien juga.

 

Dengan begitu, Anda tidak akan meninggalkan hasil cetakan yang tak terpakai dan berpotensi jadi sampah. Di samping itu, cara ini juga membuat biaya cetak jadi bisa lebih ditekan. Selain menguntungkan untuk pihak percetakan, menguntungkan juga bagi pelanggan yang mencetak di penyedia jasa digital printing.

 

3. Emisi Bisa Dikurangi

 

Saat mencetak, mesin cetak pasti mengeluarkan karbon dan emisi yang membahayakan bagi lingkungan. Sistem printing konvensional yang menggunakan mesin cetak offset hasil emisi karbon dioksidanya lebih tinggi. Apalagi pada percetakan besar yang beban pekerjaannya juga sangat besar. Dengan teknik digital printing, emisi yang dihasilkan bisa jauh berkurang.

 

Jika Anda adalah pelaku usaha yang menyediakan jasa printing, bisa pilih teknik digital printing supaya bisa berkontribusi pada perbaikan lingkungan. Sarankan pelanggan untuk memilih digital printing karena prosesnya yang lebih cepat dan bisa berdampak lebih baik pada lingkungan.

 

4. Bahan yang Dibutuhkan Lebih Ramah Lingkungan

 

Pada mesin cetak digital, perlengkapan yang dibutuhkan relatif lebih ramah lingkungan. Dimulai dari tinta print, yang digunakan adalah tinta berbahan dasar polimer. Jadi bahan tinta ini lebih aman karena tidak mengandung polutan berbahaya. Selain itu, energi yang dibutuhkan untuk mencetak juga lebih sedikit.

 

Lalu bahan film-film foto yang digunakan juga cenderung ramah lingkungan. Terutama karena penyedia jasa digital printing sudah menggunakan film yang terbuat dari kandungan resin. Tak hanya itu, bahan film ini juga umumnya sudah melalui proses daur ulang.

 

Dengan segala kelebihan digital printing yang lebih ramah lingkungan, maka Teknik cetak satu ini sangat layak dipilih. Anda bisa buktikan sendiri bagaimana kualitas digital printing, ramah lingkungan. Bisa datang saja ke salah satu digital printing terdekat. Anda bisa ke toko percetakan Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir No.46, Tanah Abang, Jakarta.

     


 

   





PT Bintang Sempurna adalah percetakan yang telah beroperasi selama lebih dari 31 tahun. Ada dua pilihan cetak tersedia, offset printing dan digital printing. Kedua metode cetak ini didukung dengan berbagai pilihan jenis kertas dan tinta. Pada digital printing, Bintang Sempurna punya mesin Hp Indigo 7900 dan Hp indigo 5900 yang punya kualitas cetak sangat bagus.

 

Kalau tidak sempat datang ke toko, Anda bisa cetak melalui Online Print. Online Print adalah solusi tepat buat cetak secara online, cepat, tanpa macet dan antri. Cukup kunjungi website Online Print di onlineprint.co.id