Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kebanyakan masih dalam tahap merangkak. Barang atau komoditi apa yang dijual oleh UMKM terkadang belum diketahui oleh masyarakat atau calon pembeli. Karena itu dibutuhkan strategi yang tepat dalam meningkatkan tingkat awareness pada barang yang dijual.
Baca Juga: Sign and Display, Perangkat Promosi Berkualitas Buat Brand
Memang ada banyak cara untuk meningkatkan tingkat awareness. Tetapi tidak semua bisa dilakukan. Sebab UMKM masih dalam tahap merangkak dimana modal masih sangat terbatas. Nah, beberapa strategi pemasaran UMKM berikut ini mungkin bisa dipertimbangkan:
Strategi pemasaran UMKM yang tepat harus dimulai dari mengenal siapa target pasarnya. Sebaik apa pun ide yang ada di kepala kita sebagai pebisnis, kalau tidak ada pasarnya, maka percuma saja. Produk yang bagus tapi tidak ada pasarnya, untuk apa? Karena itu, sebelum memproduksi barang atau servis, pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dulu.
Dengan riset pasar, banyak hal yang bisa kita dapat. Mulai dari peluang bisnis kita di pasar yang ada dan seperti apa tingkat persaingannya. Supaya bisa tahu target pasar yang tepat, pastikan untuk membagi-baginya menurut kategori tertentu.
Dari riset pasar, satu lagi info sangat penting yang bisa kita dapat adalah produk yang dibutuhkan pasar. Apa sebenarnya yang sedang mereka perlukan saat ini? Apakah produk dan servis kita sudah mampu memenuhi kebutuhan itu? Kalau belum, maka ini saat yang tepat untuk memperbaiki dulu produk dan servis kita menjadi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Bagaimana jika produknya sudah pasti dibutuhkan pasar dan saingannya sangat ketat di pasar? Kalau begitu, kita harus menemukan apa yang membedakan produk kita dengan pesaing. Asah kembali apa yang dibutuhkan pasar dan seperti apa selera mereka. Dari sana, kita bisa menemukan detail yang membuat produk kita berbeda dari kompetitor.
Meski pada akhirnya konsumen akan membeli sesuatu karena kualitasnya, tapi tak dapat dipungkiri di awal kebanyakan orang akan tertarik dengan produk dilihat dari visualnya. Karena itu, solusinya adalah buatlah kemasan produk yang berkualitas dan menarik.
Pilih kemasan dari bahan yang baik agar terlihat profesional dan bersungguh-sungguh. Kalau dari kemasannya saja berkualitas, seharusnya isinya juga, kan? Selain itu, buat kemasan yang sesuai dengan target pasar. Kemasan yang menarik tapi tidak sesuai dengan target pasarnya juga tidak akan berhasil.
Siapa yang tidak berpromosi secara digital saat ini? Segala jenis bisnis dipasarkan lewat platform media sosial. Jadi, buka akun di platform seperti Instagram, TikTok, X, Facebook, dan lain sebagainya. Buatlah konsep promosi yang terencana. Tentukan waktu untuk mengunggah konten, lalu naikkan konten di waktu yang sama ke semua platform.
Selain memanfaatkan promosi digital yang bisa dilakukan secara gratis, lengkapi juga strategi pemasaran UMKM dengan media catak. Misalnya membuat banner untuk dipasang didepan lokasi usaha, menyediakan pamplet atau selembaran untuk diberikan pada konsumen yang datang dan lain sebagainya.
Terakhir, punya bisnis di era digital ini penting sekali dilengkapi dengan website. Banyak konsumen yang mengecek dulu website perusahaan saat mereka membeli sesuatu yang mereknya belum terlalu dikenal, seperti produk-produk UMKM.
Jangan ragu mengeluarkan biaya untuk pembuatan website. Gunakan desain yang sesuai dengan produk dan layanan kita. Sertakan berbagai info produk yang ditawarkan, konsumen juga bisa bertransaksi di sana. Selain itu, tambahkan dengan berbagai konten yang berbasis SEO agar pemasaran tetap berjalan dengan efektif.
Pop Display adalah salah satu strategi marketing yang memanfaatkan display produk atau titik ruangan dalam toko dengan cara dibuat lebih menarik. Dengan Pop (Point of Purchase) produk akan dipajang agar lebih menarik perhatian konsumen atau calon pembeli.
Nah itulah beberapa strategi pemasaran UMKM yang bisa kamu gunakan buat meningkatkan penjualan atau awareness. Jika kamu tertarik buat memajang barang dengan POP display, kamu bisa cetak custom desain sendiri agar desainnya mengikuti tema usaha yang kamu jalankan.
Tinggal pesan saja di Bintang Sempurna dengan menghubungi whatsapp CS di nomor +62 821-6665-5000. Percetakan yang sudah beroperasi sejak 1989 ini tidak akan mengecewakan kamu. Atau kamu bisa juga pesan POP display yang sudah tersedia melalui website milik Bintang Sempurna di Onlineprint.co.id