Sunday, 8 September 2024
Tips Membuat Kartu Ucapan Auto Memikat Pelanggan

Kartu ucapan atau greeting card tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja, tetapi juga sangat efektif digunakan dalam bisnis. Bahkan bagi perusahaan yang membangun citra, kartu ucapan menjadi keharusan. Memberi kartu ucapan ke pelanggan dan klien di hari-hari tertentu, seperti hari raya akan memberikan kesan yang baik.

Perusahaan akan mendapat kesan yang ramah, serius dalam menjalankan bisnis dan membangun relasi. Dengan begitu, baik pelanggan maupun klien jadi tak ragu untuk kembali bekerja sama. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kartu ucapan. Apa saja itu?


Tips Membuat Kartu Ucapan

Cara membuat kartu ucapan tidak boleh asal. Harus dipertimbangkan bagaimana kata-katanya, warnanya hingga desain kartu ucapan. Di bawah ini ada 5 poin yang penting diperhatikan sebelum membuat kartu ucapan perusahaan yang ditujukan untuk klien maupun pelanggan:

 

1. Pilih Desain yang Sesuai

Kartu ucapan saat ini bentuknya sangat beragam. Tapi untuk penggunaan perusahaan, sebaiknya pilih yang desainnya simpel. Pilih detail yang elegan tapi tidak terlalu berlebihan. Bagaimana pun kartu ucapan ini digunakan untuk keperluan profesional, jadi kartu yang modelnya terlalu ramai sebaiknya dihindari.

 

2. Letakkan Logo Perusahaan di Kartu Ucapan

Meletakkan logo perusahaan di kartu ucapan itu sah-sah saja. Tapi perhatikan peletakan dan ukurannya. Ukuran kartu ucapan biasanya 5x7cm, 5,5×8,5 cm atau 4,25×5, jadi hindari meletakkan logo yang terlalu besar, karena akan terlihat mengganggu.

Sebaiknya gunakan logo yang kecil dan letakkan di bagian depan kartu, tepatnya di bagian bawah. Bisa juga letakkan di dalam kartu bagian bawah. Jadi tidak terlalu mencolok, tapi tetap terlihat begitu kartu dibuka.

 

3. Gunakan Bahasa yang Ramah dan Singkat

Pemilihan bahasa sangat penting dalam kartu ucapan. Gunakan bahasa yang ramah dari salam pembuka agar begitu membaca kartu langsung terkesan menyenangkan. Selain itu, gunakan bahasa yang sesuai dengan penerimanya.

Misalnya pelanggan kebanyakan anak muda, bisa gunakan bahasa yang lebih diterima oleh kaum muda. Sedangkan untuk klien, sebaiknya gunakan bahasa yang tetap formal tapi tetap terkesan ramah dan menyenangkan.

Selain itu, hindari menggunakan kalimat yang panjang dan berbelit-belit. Kartu ucapan yang to the point lebih menyenangkan dibaca dibandingkan yang terlalu panjang. Yang penting maksudnya tersampaikan dengan baik, maka sudah cukup. Pastikan ada salam pembuka, isi dan penutup supaya lengkap.

 

4. Hindari Promosi di Kartu Ucapan

Sebenarnya memberi kartu ucapan ke klien maupun pelanggan merupakan salah satu bentuk promosi. Tapi kita tidak perlu memberikan kata-kata promosi yang jelas. Sebaiknya kartu ucapan hanya berisi ucapan saja.

Dengan begitu, klien maupun pelanggan yang menerimanya akan merasa bahwa perusahaan kita tulus mengucapkan. Tidak perlu ada kata-kata promosi sama sekali di kartu ucapan. Dengan begitu akan terlihat lebih manis.

 

5. Pilih Warna yang Nyaman Dipandang Mata

Pilih warna yang sesuai dengan hari perayaan dan enak dipandang mata. Kalau ingin warna yang netral, bisa pilih warna putih. Untuk warna tulisan, gunakan warna hitam atau biru saja, hindari menulis dengan tinta merah karena ini bisa terkesan negatif dan kurang sesuai dengan kartu ucapan secara keseluruhan. Kartu yang warna merah boleh saja, selama sesuai dengan tema. Misalnya kartu ucapan Hari Natal. Atau jika warna perusahaan kita merah, ini juga dianggap wajar.

 

Cetak Kartu Ucapan


 


Selain memperhatikan berbagai tips cetak kartu ucapan di atas, Anda juga perlu memperhatikan jenis kertas dan tempat cetak kartu ucapan. Untuk jenis kertasnya, pastikan Anda pilih memilih kertas yang teksturnya agak tebal, misalnya art carton, blues white dan lain-lain.

 
Baca Juga: 
Ketahui Model Kertas Print Sebelum Naik Cetak

 

Sementara untuk percetakan, pilihlah yang didukung dengan mesin cetak terbaik, pelayanan menyenangkan dan dengan harga kompetitif. Percetakan seperti ini salah satunya bisa Anda temukan di Bintang Sempurna.

Bintang Sempurna adalah percetakan digital printing benhil yang sudah beroperasi sejak tahun 1989, sudah lebih dari 31 tahun. Jadi kaya pengalaman dan tahu kebutuhan pelanggan. Ini terbukti dari inovasi dan mesin cetak yang tersedia. Anda bisa cetak dengan teknologi digital printing maupun offset printing yang didikung dengan mesin cetak terbaik.

Bahkan demi memberikan pelayanan terbaik bagi Anda, Bintang Sempurna menyediakan platform cetak online. Anda bisa cetak kartu ucapan melalui www.onlineprint.co.id dengan sangat praktis. Untuk kartu ucapan, cobalah cetak di POD A3+ (Print On Demand) dimana Anda bisa langsung simulasikan desain kartu ucapan favorit dalam layanan ini. cukup klik langsung link ini https://onlineprint.co.id/in/pod-a3-cmyk/